Manfaat Walet

Manfaat WaletManfaat Sarang Walet

Burung Walet (Aerodramus fuciphagus) adalah burung kecil yang ditemukan di seluruh Asia Tenggara. Ukuran burung walat adalah 11 sampai 12 cm dan berat 15 sampai 18 gram.
Habitat burung walet dari daerah pantai ke pegunungan, hingga 2.800 meter di atas permukaan laut di Sumatra dan Kalimantan. Pola makannya terdiri dari serangga yang tertangkap di sayap. Daripada ranting dan jerami, burung walet membuat sarangnya dari untaian air liur sendiri yang bergetah, yang mengeras bila terkena udara.

Sup sarang walet adalah salah satu kelezatan masakan Cina. Nama Cina untuk sup sarang walet, yan wo (燕窝), diartikan secara harfiah sebagai “sarang walet”. Sup ini telah dikonsumsi di Cina selama lebih dari lebih dari 1000 tahun. Menurut Yun Cheung Kong, seorang profesor biokimia di Universitas Cina Hong Kong, sarang walet pertama kali diperdagangkan di Cina pada masa Dinasti T’ang (618-907 AD). Beberapa waktu antara tahun 1368 dan 1644, Laksamana Cheng He memperkenalkan sarang walet asing ke istana kaisar dari Dinasti Ming.

Sarang Walet dianggap memiliki berbagai nilai tonik dan medis. Secara tradisional, diyakini bahwa sarang walet dapat memperkuat paru-paru. Sejak ratusan tahun sarang walet dipakai dalam pengobatan secara Tradisional Chinese Medicine (TCM= Obat tradisional Cina). Konsumsi sarang walet ini juga dianjurkan untuk melengkapi perawatan lain untuk memerangi penyakit degeneratif seperti kanker dan juga untuk memulihkan kesehatan setelah sakit, atau operasi. Penelitian terbaru di Hong Kong menyarankan bahwa bahkan mungkin sarang walet berguna dalam pengobatan AIDS.

Manfaat sarang walet  antara lain menjaga kesegaran tubuh, meningkatkan vitalitas, obat awet muda, memelihara kecantikan dan menghambat kanker.

Berikut Manfaat-Manfaat Sarang Walet

Melancarkan sistem aliran darah
Melegakan pernafasan
Membetulkan sistem saraf
Memperbaiki sistem ginjal
Memutihkan, melicinkan paras wajah( baik lelaki dan wanita)
Menghilangkan kerutan di wajah
Menyegarkan mata
Melegakan asma
Membuang air dalam paru-paru ( paru-paru berair)
Mengobati hepatitis B
Meningkatkan IQ ( baik untuk orang dewasa dan anak-anak)
Mengobati batuk kronik
Anti-aging
Meningkatkan stamina

 

Dalam hal industri estetika, penelitian menunjukkan bahwa sarang walet mengandung dosis tinggi Epidermal Growth Factor (EGF). Saat ini EGF digunakan dalam industri kosmetik untuk pemutih kulit, mengurangi kerutan dan mencegah penuaan dini. EGF diketahui mampu menembus ke dalam kulit dermis untuk merangsang pertumbuhan sel baru, menggantikan sel yang sudah tua / rusak, dan mengontrol pertumbuhan sel kulit. Semakin banyak kosmetik yang menggunakan sarang walet sebagai bahan dalam produk mereka. Masker, Pelembab Wajah, Krim Mata adalah sekian dari produk kecantikan saat ini yang tersedia di pasar yang mengandung sarang walet.

Mengkonsumsi sarang walet secara rutin adalah cara untuk menjaga kecantikan seseorang dari dalam ke luar.

Demikian banyak manfaat dari sarang walet.

0saves
Jika informasi ini bermanfaat mohon klik tombol di samping/atas untuk berbagi. Untuk memberikan komentar silahkan klik ketik komen atau subscribing to the RSS feed untuk berlangganan artikel.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>